Marak Situs Diretas, Roy Suryo: Ini Pelajaran Mahal untuk Pemilik Website


Belakangan ini jagat maya Tanah Air dihebohkan dengan peretasan yang menyerang dua operator telekomunikasi. Kali ini serangan hacker itu juga melanda situs resmi Dinas Sosial DKI Jakarta yang hingga saat ini belum juga pulih.

Menurut pengamat telekomunikasi, Heru Sutadi, beberapa peretasan yang terjadi menunjukkan tingkat keamanan digital di Indonesia yang masih kurang baik.

Artinya tingkat keamanan digital Indonesia masih belum baik dan diperhatikan banyak korporasi, apakah itu besar maupun kecil,” katanya, Senin (1/5/2017).

Menurutnya, hal ini juga menjadi saat yang tepat untuk memerhatikan masalah keamanan internet mengingat dampaknya tak hanya kemungkinan pencurian data pengguna melainkan juga citra perusahaan maupun lembaga.

Senada dengan Heru, pakar telematika Roy Suryo juga mengungkapkan bahwa peretasan merupakan hal yang sering terjadi. Namun karena serangan yang baru-baru ini terjadi menimpa perusahaan dan lembaga besar, maka peretasan juga dinilai besar.

Atas hal itu, Roy Suryo mengimbau perusahaan dan lembaga pemerintah agar lebih memerhatikan keamanan situsnya.

“Memang hal tersebut menjadi pelajaran mahal dari pemilik situs yang bersangkutan untuk lebih merawat situs-situsnya lagi. Karena meski situs hanya seperti etalase, namun berdampak luas bagi citra layanan yang diberikannya ke masyarakat,” jelasnya.


Sumber: okezone.com

0 Response to "Marak Situs Diretas, Roy Suryo: Ini Pelajaran Mahal untuk Pemilik Website"

Post a Comment