Tips Menghindari Mata Lelah Akibat Terlalu Lama Didepan Layar


Bekerja di depan layar komputer bisa menyebabkan mata kelelahan, belum lagi ditambah dengan layar smartphone yang selalu menggoda untuk di lihat setiap senggang atau jenuh saat bekerja.

Ada beberapa ciri yang mengindikasikan mata Anda sudah terlalu lama terpapar layar perangkat elektronik. Antara lain, mata terasa berat, penglihatan sedikit kabur, bahkan bisa menyebabkan sakit pada mata.

Sindrom ini kerap dinamai sebagai computer vision syndrome. Lebih dari 60 persen warga Amerika Serikat sekarang mengalami sindrom tersebut.

Tak sulit terkena sindrom tersebut, hanya perlu dua jam nonstop melihat layar baik itu komputer,smartphone, televisi, tablet atau layar elektronik lainnya. Ada beberapa tips untuk meminimalisir ketidaknyamanan akibat paparan layar.
 
1. Perbesar teks, bagi pengguna smartphone sebaiknya Anda menyetel ukuran huruf alias font menjadi lebih besar. Pasalnya dengan ukuran huruf yang kecil akan membuat mata bekerja dobel untuk membaca.

Ini juga membuat jarak pandangan mata dengan layar lebih dekat, sehingga menimbulkan sakit kepala jika dilakkan dalam waktu yang lama.

2. Atur warna dan kontras yang paling nyaman bagi Anda.

3. Berkedip, ketika terlalu fokus melihat hal-hal di depan layar komputer atau smartphone, seringkali kita lupa berkedip.

Alhasil mata menjadi kering sehingga cepat lelah dan kemerahan. Anda tidak perlu mengingat harus berapa kali berkedip dalam periode tertentu. Tetapi sebaiknya jadikan kedipan mata sebagai kebiasaan sehingga bisa dilakukan tanpa sadar.

4. Atur kecerahan layar, layar yang terlalu gelap akan menyulitkan Anda membaca. Namun jika terlalu silau akan membuat mata tegang dan sakit kepala, terlebih jika Anda sudah berjam-jam melihat layar silau.

Atur tingkat kecerahan sesuai dengan paparan sinar yang Anda terima dari luar layar. Jika cahaya disekitar ruangan gelap jangan biarkan layar terlalu silau, sebaliknya jika cahaya sekitar terlalu terang Anda bisa meninggikan tingkat kecerahan layar.

5. Terapkan aturan 20-20, maksudnya setelah 20 menit bekerja di depan layar, ambil 20 detik untuk beranjak.

Anda bisa beristirahat, menggoyangkan badan dan kepala atau sekedar melihat sekeliling.

Intinya buat mata fokus pada objek lain selain layar. Ini akan membantu meregangkan otot-otot mata sehingga tidak tegang. Ulangi ritual 20-20 untuk menghindari mata tegang.

Sumber: Begawei.com

0 Response to "Tips Menghindari Mata Lelah Akibat Terlalu Lama Didepan Layar"

Post a Comment