Sekarang Hasil Terjemahan Google Translate Semakin Mendekati Terjemahan Penerjemah Profesional


Kemampuan layanan Google Translate untuk bahasa Indonesia semakin mendekati manusia. Google telah membekali layanan penerjemah bahasa tersebut dengan teknologi bernama Neural machine Translation (NMT) untuk mewujudkan hal tersebut.

Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengguna Google Translate paling aktif didunia. Maka kami sangat senang bisa meluncurkan teknologi tersebut untuk bahasa Indonesia.

Lantas apa itu NMT? Teknologi tersebut digadang-gadangkan mampu membuat Google Translate menghasilkan terjemahan yang mendekati hasil kerja manusia.

NMT sendiri merupakan pengganti mesin lamanya yang disebut dengan Phrase-Based Machine Translate. Secara singkat teknologi NMT ini akan melihat kalimat secara keseluruhan, tak lagi dari kata per kata.

NMT juga menggunakan konten yang lebih luas untuk menemukan hasil terjemahan yang paling relevan an disesuaikan dengan bahasa percakapan dengan tata bahasa yang tepat. ” Neural Machine Translate akan membantu memberikan hasil terjemahan yang lebih baik dan natural.

Sebagai contoh, jika ada kalimat “kita akan bertemu di mana” terjemahan menggunakan teknologi lama akan menghasilkan bahasa Inggris ” We’ll see where”. Hal tersebut bisa terjadi karena teknologi sebelumnya lebih banyak menerjemahkan kata per kata, bukan tata bahasa yang benar.

Nah jika teknologi NMT kalimat yang akan diterjemahkan tersebut akan menjadi ” Where will we meet”. Nah terjemahan seperti ini sudah tepat dilihat dari segi tata bahasa.

Saat ini teknologi NMT di Google Translate tersedia untuk hasil terjemahan  Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia, dan juga sebaliknya. Diluar bahasa Indonesia NMT juga diaplikasikan untuk 40 bahasa lainnya, seperti Korea, Jepang, China, Prancis, Jerman, Spanyol, dan Rusia.

Pembaruan ini sudah bisa digunakan di Google Translate, baik melalui aplikasi Android atau pun iOS, desktop dan penerjemah otomatis di Google Chrome.

Sumber: begawei.com

0 Response to "Sekarang Hasil Terjemahan Google Translate Semakin Mendekati Terjemahan Penerjemah Profesional"

Post a Comment